Mahasiswa Baru Harus Dewasa Walau Masih Muda

 



Jumat, 06 September 2024

 

Rektor Unismuh Makassar: Mahasiswa Baru Harus Dewasa Walau Masih Muda

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa baru harus memperbaharui pola hidup karena telah berganti status dari siswa menjadi mahasiswa.

“Anda saat ini dituntut menjadi orang dewasa walaupun usianya masih muda. Oleh karena itu, saya sering mengistilahkan mahasiswa baru adalah manusia dewasa muda,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Abdul Rakhim Nanda.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya pada Pembukaan Masa Orientasi dan Ta’aruf Mahasiswa Baru Unismuh yang dilaksanakan secara hybrid, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 05 September 2024.

Abdul Rakhim Nanda yang menyampaikan sambutan via zoom meeting daring dari Yogyakarta, mengatakan, pelajar yang telah menginjakkan kaki di perguruan tinggi telah terpisah dari keluarga dan harus hidup mandiri, sehingga keseharian di tempat perantauan harus dipandu dengan kesadaran individu.

“Anda masih muda tapi harus dewasa, karena Anda sudah harus pisah dari orang tua dan tidak akan ada lagi orang yang mengingatkan Anda untuk belajar, mengingatkan Anda untuk menjaga kesehatan, mengingatkan untuk bersikap baik kepada masyarakat dan sekarang diberikan seluruhnya kepada Anda untuk menjadi orang akademisi yang dewasa walaupun usia Anda masih muda,” tutur Rakhim Nanda.

Mahasiswa baru diharapkan memanfaatkan kesempatan belajar di Unismuh Makassar, karena kampus memiliki aturan pembatasan waktu belajar formal bagi mahasiswa.

“Oleh karena itu, kehidupan Anda sekarang harus sedewasa mungkin, karena Anda akan berada di kampus ini sesuai dengan aturan dan kurikulum yang telah diberlakukan yaitu selama delapan semester dan paling lama 14 semester,” kata Rakhim.

Jika lebih dari batas yang ditentukan, lanjutnya, maka pihak kampus tidak akan memberikan toleransi dan mahasiswa bersangkutan akan drop out (DO) alias dikeluarkan.

“Kalau Anda masuk ke semester 15, Anda akan di drop out oleh sistem dan Anda akan berhenti sendiri di Unismuh Makassar dan pulang ke rumah tanpa membawa ijazah. Karena itu, Anda-lah yang akan mengatur perjalanan Anda. Maka buatlah perjalanannya dengan baik di samping mengikuti perencanaan yang ditetapkan oleh kampus namanya kartu rencana studi,” papar dia.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama