Orientasi Maba Unismuh Makassar Menggembirakan dan Tanpa Kekerasan

TANPA KEKERASAN. Wakil Rektor II selaku Pelaksana Harian Rektor Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri (paling kanan) didampingi Ketua Panitia Orientasi Maba Dr Arfah Basha (tengah) dan Sekretaris Panitia Dr Nurdin Mappa, memberikan pengarahan pada Rapat Panitia Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun 2024, di Ruang Senat Lantai 17 Gedung Iqra Kampus Unismuh, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Selasa, 03 September 2024. (Foto: Humas Unismuh Makassar)

 

------

Rabu, 04 September 2024

 

Orientasi Maba Unismuh Makassar Menggembirakan dan Tanpa Kekerasan

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dilakukan dengan cara yang menggembirakan dan tanpa ada kekerasan.

“Kegiatan orientasi tidak boleh ada kekerasan. Orientasi harus menyenangkan dan menggembirakan bagi mahasiswa baru,” tegas Wakil Rektor II selaku Pelaksana Harian Rektor Unismuh, Prof Andi Sukri Syamsuri.

Hal itu ia sampaikan dalam arahannya pada Rapat Panitia Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun 2024, di Ruang Senat Lantai 17 Gedung Iqra Kampus Unismuh, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Selasa, 03 September 2024.

Orientasi Maba, katanya, bukan sekadar penyambutan melainkan sebagai langkah awal untuk membekali mahasiswa baru dengan pemahaman akademik yang mendalam.

“Mahasiswa baru bukan lagi sebagai tamu, melainkan bagian dari sivitas akademika Unismuh,” kata Prof Andis, sapaan akrab Prof Andi Sukri Samsuri.

Ia juga menekankan pentingnya penjelasan terkait kegiatan akademik kepada mahasiswa baru di tingkat fakultas dan program studi. Mahasiswa harus memahami alasan proses belanja SKS (satuan kredit semester) pada semester awal, serta memahami perbedaan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 4.00 dengan IPK 3.00.

Masa Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan Unismuh) Makassar Tahun Akademik 2024/2025 akan dilaksanakan secara hybrid, dimulai pada 5 September 2024 untuk tingkat universitas.

Orientasi ini berlangsung hingga 9 September, sementara masa Ta’aruf di tingkat fakultas akan dilaksanakan pada 6-7 September. Khusus Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, masa Ta’aruf akan digelar pada 11-15 September 2024.

Rangkaian kegiatan penyambutan ini akan dipusatkan di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh untuk tingkat universitas.

Ketua Panitia Dr Arfah Bas’ha, menyebutkan bahwa hingga saat ini, jumlah mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi mencapai 3.183 orang, dengan 2.654 di antaranya telah mendaftar untuk mengikuti orientasi, baik secara offline (2.236 orang) maupun online (418 orang).

Rapat tersebut dihadiri Wakil Rektor IV, Dr KH Mawardi Pewangi, Sekretaris Panitia Dr. Nurdin Mappa, serta para dekan, wakil dekan, kepala biro, dan lembaga terkait.

Wakil Rektor IV, Dr KH Mawardi Pewangi, dalam pengajian singkat, menekankan pentingnya penyambutan mahasiswa baru dengan sikap yang ramah dan penuh senyuman.

“Mahasiswa baru adalah tamu kita, dan setiap tamu harus diperlakukan dengan baik, menjaga keamanan dan kenyamanannya,” kata Mawardi. (zak)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama