LAMDIK Lakukan Visitasi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Pancasakti Makassar

VISITASI PRODI. Rektor Unpati Makassar Dr Ampauleng (ketiga dari kiri), Dekan FKIP Unpacti Makassar Muhammad Taqwin SPd MPd (kelima dari kiri), serta para wakil rektor dan Kaprodi, foto bersama dua asesor LAMDIK, Prof Dr Lia Yulati MPd (kelima dari kanan) dan Dr Muslimin MSi (keempat dari kiri) seusai visitasi Prodi Pendidikan Fisika, di Kampus Unpacti, Jalan Andi Mangerangi, Makassar, Sabtu, 05 Oktober 2024. (ist)

 

-----

Senin, 07 Oktober 2024

 

LAMDIK Lakukan Visitasi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Pancasakti Makassar

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) melakukan visitasi luring Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar, di Kampus Unpacti, Jalan Andi Mangerangi, Makassar, Jumat dan Sabtu, 4-5 Oktober 2024.

Visitasi luring tersebut merupakan tindak lanjut dari pengajuan akreditasi Prodi S1 Pendidikan Fisika FKIP Unpacti Makassar dalam rangka re-akreditasi Prodi yang sudah habis masa berlakunya.

Dalam visitasi atau asesmen lapangan ini, Lamdik mengirim dua asesor yakni Prof Dr Lia Yulati MPd (Universitas Negeri Malang) dan Dr Muslimin MSi (Universitas Tadulako, Palu).

Kehadiran kedua asesor tersebut disambut langsung oleh Rektor Unpacti Makassar Dr Ampauleng, Wakil Rektor I Imam Mukti SSos MIKom, Wakil Rektor II Dr Jafar MPd, Wakil Rektor III Nur Afni Syahnyb SE MM, Dekan FKIP Muhammad Taqwin SPd MPd, Wakil Dekan FKIP Rosary Iriany SPd MPd, Kaprodi Pendidikan Fisika Nurhikmah Hasan SPd MPd.

Juga hadir Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Nuzul Tenriana SPd MPd, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Harnipa SPd MPd, Sekretaris LPM Akbar Taufik SPd MPd, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Nur Hamdani Nur SKM Mkes, serta segenap tim task force dan dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP.

Kegiatan asesmen lapangan ini bertujuan melakukan klarifikasi dokumen LKPS (Laporan Kinerja Program Studi), LED (Laporan Evaluasi Diri), data dan proses SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) data yang telah dikirim dengan bukti fisik program studi.

Visitasi diawali pemaparan fakultas oleh Dekan FKIP, Muhammad Taqwin, dan pemaparan program studi oleh Kaprodi Pendidikan Fisika, Nurhikmah Hasan. Selanjutnya pemeriksaan bukti fisik dan fasilitas sarana prasarana kampus. Kegiatan asesmen ini melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaannya seperti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan/stakeholder.

Asesor Lamdik, Prof Lia Yulati, mengatakan, kegiatan asesmen lapangan ini untuk memotret secara langsung di lapangan kondisi yang sebenarnya, berdasarkan data ajuan akreditasi yang telah dikirimkan sebelumnya.

“Asesmen lapangan untuk menggali bukti yang sudah ditulis dalam data LKPS dan LED atau bukti lain yang belum tercatat dalam LKPS dan LED yang dibutuhkan dalam penilaian akreditasi Prodi,” kata Lia Yuliati.

Asesor Dr Muslimin juga mengatakan hal yang sama dan mengharapkan kerjasama dari semua tim Prodi untuk bisa saling bekerjasama dalam menyiapkan bukti yang diperlukan untuk melancarkan kegiatan asesmen lapangan.

 “Dari pihak LAMDIK, kalau ada klarifikasi, kami juga bisa betul-betul menunjukkan bukti yang ada di lapangan,” kata Muslimin. (bar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama