Penyair Mahrus Andis Baca Puisi di Acara Maulid Alumni 82 SMA 1 Bulukumba

BACA PUISI. Penyair Mahrus Andis membacakan puisi berjudul “Iqra Bismirabbik”, pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diadakan Alumni Angkatan 82 SMA Negeri 1 Bulukumba, di Resto Double-a, Jl. Tun Abdurrazak, perbatasan Kabupaten Gowa - Kota Makassar, Rabu, 09 Oktober 2024. (ist)

 

----

Kamis, 10 Oktober 2024

 

Penyair Mahrus Andis Baca Puisi di Acara Maulid Alumni 82 SMA 1 Bulukumba

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Penyair Mahrus Andis membacakan puisi berjudul “Iqra Bismirabbik”, pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diadakan Alumni Angkatan 82 SMA Negeri 1 Bulukumba, di Resto Double-a, Jl. Tun Abdurrazak, perbatasan Kabupaten Gowa - Kota Makassar, Rabu, 09 Oktober 2024.

Sebelum membaca puisi, Mahrus terlebih dahulu memberikan pengantar dengan mengatakan, “Berzikir, dalam terminologi keseharian, bermakna mengingat-ingat tentang sesuatu yang dinilai penting.”

“Memperingati kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, dapat diterjemahkan sebagai upaya meningkatkan ingatan-ingatan kita terhadap kehadiran sosok pribadi yang mulia sebagai tauladan di tengah umat manusia. Mengingat-ingat sifat dan kepribadian Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam, hakikatnya, adalah zikir yang kita lafazkan melalui doa serta salawat kepadanya,” tutur Mahrus.

Dalam dalam konteksasi “zikrullah”, katanya, mengingat Allah SWT adalah dimensi ruhaniah yang menawarkan ketenangan di dalam batin. Hal ini sesuai referensi Islam di dalam firman Allah; “Alaa bizikrillaahi tatmainnul qulub", yang bermakna bahwa hanya dengan mengingat Allah maka hati kita bisa tenang.

“Mengingat Allah dan Rasul-Nya tergolong ibadah wajib yang terkanalisasi ke dalam tradisi budaya religius yang disebut Peringatan Maulid,” kata Mahrus yang juga kurator penerbitan buku puisi berlevel nasional.

Panitia penyelenggara, Hj Andi Ruhaya menjelaskan bahwa acara Peringatan Maulid ini dirangkaikan dengan kegiatan arisan bulanan Alumni Angkatan 82 SMA Negeri 1 Bulukumba (dulu SMA Negeri 198 Bulukumba) yang turut dihadiri beberapa alumni Angkatan 76, 80, dan 81.

Dr Musdalifah Mahmud, selaku Ketua Alumni Angkatan 1982, menyambut baik kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad. Dalam sambutannya dia berpesan agar pertemuan semacam ini terus dilakukan.

Menurut Ifah, panggilan akrab dosen UIM Makassar tersebut, kegiatan memperingati Hari-hari Besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad tidak hanya sebagai ajang mencari pahala, tapi juga menjadi wahana saling mengenal di kalangan alumni, terutama antara junior dengan  kakak-kakak seniornya.

Mahrus Andis yang juga alumni SMA Negeri 1 Bulukumba Angkatan 76, membacakan puisi sekaligus membagikan buku Antologi Puisi terbarunya berjudul “Testimoni di Kandang Sapi” kepada para alumni yang hadir.

Menurut penyelenggara,sebenarnya ada beberapa alumni yang ingin membacakan puisi Maulid. Sebutlah seperti: Syahrir Kahar, Andi Syarif Isa Samsu, Ida Tahir, Andi Rahma Oce, dan Ana Ciana, namun waktu tidak mengizinkan.

“Untuk menebus keinginan mereka, buku Antologi Puisi karya Mahrus Andis berjudul Testimoni di Kandang Sapi, menjadi kenang-kenangan untuk dibawa pulang,” kata Andi Haya sambil tersenyum.

Berikut puisi Iqra’ Bismirabbik karya Mahrus Andis, yang dibacakan sang penciptanya pada acara Peringatan Maulid Angkatan 82 SMA Negeri 1 Bulukumba.

 

IQRA’ BISMIRABBIK

 

Salam padamu, ya Muhammad

Salam padamu, ya Nabi

Salam padamu, ya Rasul

Salam padamu

Salam padamu

     Salam padamu

                  Ya, Habiiib

 

Telah turun cahaya kepadamu

Muhammad Al Amin

Pendamai Barat

Pendamai Timur

 

(Semoga Tuhan menyemerbakkan dan mewangikan pusara Baginda

Dengan wangi-wangian aneka puspa

Berupa doa restu serta salawat kepadanya)

 

Salam atasmu wahai umara'

Salam atasmu wahai ulama'

Salam atasmu wahai fuqaha'

Salam atasmu

Salam atasmu

   Salam atasmu

       Wahai muslimin

               dan muslimat

 

Telah diutus pemimpin kepadamu

Ikutlah ia

Sepanjang di jalan kebenaran

 

Salam bagimu para kiyai

Salam bagimu para pendidik

Salam bagimu para tentara dan polisi

Salam bagimu para pelajar dan mahasiswa

Salam bagimu para seniman dan gelandangan

Salam bagimu

Salam bagimu

    Salam bagimu

           para nelayan

                   dan petani

 

Telah dinobatkan kehadiranmu di atas bumi

Khalifatan fil ardhi

    Penyebar kasih

          Penyubur cinta

 

Bacalah dengan lafal Tuhanmu

Bacalah langit dan bumi

Bacalah bulan, bintang dan matahari

Bacalah gunung, laut dan lembah belantara

Bacalah kupu-kupu

dan bunga-bunga rumput

 

Iqra'

Bacalah matamu bacalah mulutmu bacalah rindumu

dan bacalah dosa-dosamu

 

Iqra' bismirabbik

Bacalah perutmu bacalah perutmu bacalah perutmu dan perut orang-orang miskin

 

Iqra'

Bacalah kedudukanmu

dan kedudukan

orang-orang di sekitarmu

 

Bacalah maujud kefanaanmu

Dan sujuuuuuud ...!

 

Bersujudlah

Di hadapan Kursi Kerajaan Langit

      dan

         Bumi.

 

  Makassar, 2019-

-----------

Dari Antologi Puisi "Testimoni di Kandang Sapi", 2024 (Hal. 113)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama