Perkuliahan di Universitas Pancasakti Makassar Bersifat Kolaboratif

PENYAMBUTAN MABA. Rektor Unpacti Makassar Dr Ampauleng menyematkan baju almamater secara simbolis kepada beberapa perwakilan mahasiswa baru pada acara “Penyambutan dan Orientasi Pengenalan Nilai-nilai Kehidupan Kampus” yang diikuti mahasiswa baru Angkatan 2024/2025, di Aula Kampus Unpacti, Jalan Andi Mangerangi, Makassar, Rabu, 16 Oktober 2024. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

 

------

Rabu, 16 Oktober 2024

 

Perkuliahan di Universitas Pancasakti Makassar Bersifat Kolaboratif

 

Mahasiswa Unpacti Makassar Kuliah di Denpasar, Semarang, Gorontalo dan Kolaka

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Proses belajar mengajar atau perkuliahan di Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar bersifat kolaboratif. Mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kampus Unpacti, melainkan juga diberi pilihan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi lain untuk menambah wawasan dan pengalaman.

“Mahasiswa Universitas Pancasakti Makassar tidak hanya kuliah di dalam kampus, melainkan juga diberi pilihan kuliah di kampus lain. Mahasiswa Universitas Pancasakti Makassar ada yang kuliah di Denpasar, Semarang, Gorontalo, Kolaka, dan beberapa daerah lainnya, sehingga mahasiswa memiliki wawasan dan pengalaman tambahan,” tutur Rektor Unpacti Makasar, Dr Ampauleng.

Hal itu ia ungkapkan pada kegiatan “Penyambutan dan Orientasi Pengenalan Nilai-nilai Kehidupan Kampus” yang diikuti mahasiswa baru Angkatan 2024/2025, di Aula Kampus Unpacti, Jalan Andi Mangerangi, Makassar, Rabu, 16 Oktober 2024.

Acara penyambutan mahasiswa baru yang mengusung tema: “Membangun Karakter Baruyang Kreatif, Inovatif, dan Mampu Beradaptasi dalam Era Disrupsi 5.0” turut dihadiri Wakil Rektor Imam Mukti SSos MIKom, Wakil Rektor II Dr Jafar SPd MPd, Wakil Rektor III Nurafni Shahnyb SE MM.

Juga hadir Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Sumardi Sudarman SKM MKes, Dekan FMIPA Drs Abdul Muzakkir Rewa MSi Apt, Dekan FKIP Dr Muhammad Taqwin SPd MPd, Dekan Fisip Dr Sumardi MSi, dan Kepala Humas Andi Kamaluddin SE MM.

Program perkuliahan di kampus lain tersebut, kata Rektor Unpacti Makassar, merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di mana mahasiswa mendapatkan kesempatan menempuh pembelajaran di perguruan tinggi lain pada program studi yang sama dan nilainya sama denga kuliah satu semester.

“Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini, mahasiswa Universitas Pancasakti dapat kuliah di perguruan tinggi lain dengan program studi yang sama, yang nilainya sama dengan kuliah selama satu semester,” jelas Ampauleng.

Wakil Rektor II selaku Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unpacti Makassar, Dr Jafar, mengatakan, mahasiswa baru yang mendaftar lebih dari 300 orang, namun yang melakukan registrasi hingga dilakukannya acara penyambutan maba yaitu sebanyak 222 orang.

“Kampus kita, Universitas Pancasakti Makassar memiliki empat fakultas dan delapa program studi, yaitu Prodi S1 Farmasi, Prodi S1 Ilmu Komputer, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Prodi S1 Ilmu Pemerintahan, Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Prodi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Prodi S1 Pendidikan Fisika, dan Prodi S1 Pendidikan Matematika,” rinci Jafar.

Mahasiswa baru diharapkan dapat saling mengenal dalam acara penyambutan mahasiswa baru dan mengakrabkan diri satu sama lain, sehingga kelak ketika semua belajar maupun berorganisasi Bersama, akan tercipta hubungan yang harmonis, saling menjaga persahabatan dan bekerja sama dengan baik antar-jurusan yang ada.

“Kami berharap mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik. Pada saat memasuki kampus, mahasiswa menjadi bagian dari sivitas akademika atau Masyarakat ilmiah. Bersama para dosen serta mahasiswa lain, kalian akan berinteraksi, saling asah, asih dan asuh untuk menemukan jati diri dan mengembangkan segala potensi. Empat lima tahun ke depan akan menentukan masa depan kalian,” tutur Jafar.

Setelah pembukaan dilanjutkan pemberian materi secara terpusat oleh Rektor Unpacti Ampauleng, dan Wakil Rektor I Imam Mukti, setelah itu materi dilanjutkan di fakultas masing-masing dengan pemateri para dekan masing-masing. (ima)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama