Presiden Nusantara Foundation AS Shamsi Ali Kuliah Tamu Internasional di Unismuh Makassar

Presiden Nusantara Foundation Amerika Serikat, Shamsi Ali (kedua dari kiri), memberikan kuliah umum internasional di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Jumat, 18 Oktober 2024, didampingi Wakil Rektor I Dr Burhanuddin (paling kanan), Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi (kedua dari kanan), dan Dekan Fisip Unismuh Dr Ihyani Malik. (Foto: Humas Unismuh Makassar)

 

-----

Sabtu, 19 Oktober 2024

 

Presiden Nusantara Foundation AS Shamsi Ali Kuliah Tamu Internasional di Unismuh Makassar

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Presiden Nusantara Foundation Amerika Serikat, Shamsi Ali, memberikan kuliah umum internasional di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Jumat, 18 Oktober 2024.

Kuliah tamu yang dimulai setelah shalat ashar dengan dipandu oleh Dekan Fisip Unismuh, Dr Ihyani Malik, dihadiri Plt Wakil Rektor I Dr Burhanuddin, Wakil Rektor IV Dr KH Mawardi Pewangi, Dekan Fakultas Hukum Dr Sitti Saleha Majid, Direktur Ma’had Al-Birr H Lukman Abdul Shamad Lc, Anggota BPH Unismuh Makassar, KH M Said Abdul Shamad Lc, serta sejumlah sivitas akademika.

Shamsi yang kelahiran Bulukumba, 05 Oktober 1967, adalah imam di Islamic Center of New York, serta Direktur Jamaica Muslim Center, sebuah yayasan dan masjid di kawasan timur New York, Amerika Serikat, yang dikelola komunitas muslim asal Asia Selatan.

Dalam kuliah umum di Unismuh Makassar, Shamsi Ali memaparkan pengalamannya mengembangkan dakwah Islam di Amerika Serikat, dengan menekankan pentingnya pendekatan yang lebih humanis dan etis dalam menyebarkan ajaran Islam di dunia Barat.

“Pendekatan dakwah yang keras kurang diterima oleh anak muda di Barat, terutama di Amerika Serikat. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan pendekatan yang lebih inklusif, banyak berdialog antarumat beragama dengan melihat dunia ini sebagai tempat hidup bersama dan berempati untuk menyebarkan pesan Islam,” ujar Shamsi.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada Unismuh Makassar dan membuka peluang untuk melakukan kerja sama, termasuk dalam hal penerimaan mahasiswa magang serta studi banding dosen di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat, dan kerjasama lainnya dalam pengembangan caturdharma perguruan tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah.

Setelah kuliah tamu, dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Unismuh Makassar dan Nusantara Foundation Amerika Serikat. Penandatanganan ini dilakukan oleh Plt Wakil Rektor I Unismuh, Dr Burhanuddin, dan Dr Shamsi Ali, dengan tujuan memperkuat kerja sama internasional.

Wakil Rektor IV Unismuh, Dr KH Mawardi Pewangi, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas kunjungan Shamsi Ali ke Unismuh Makassar yang juga merupakan alumni Pondok Pesantren Muhammadiyah Gombara Makassar.

“Kehadiran beliau menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi kita untuk mendapatkan wawasan yang bermanfaat bagi pengembangan dakwah ke depan,” ucap Mawardi. (zak)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama