Unismuh Makassar Buka Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan

“Program studi baru ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang kompeten dan berakhlak mulia di tengah masyarakat.” - Prof Andi Sukri Syamsuri - 

 

-----

Kamis, 17 Oktober 2024

 

Unismuh Makassar Buka Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan

 

Pendaftaran Maba Dibuka Hingga 31 Oktober 2024


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi mendapatkan izin untuk membuka Program Studi S1 Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan.

Izin tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 665/E/O/2024, yang ditandatangani pada 27 September 2024.

“Keputusan ini memberikan wewenang kepada Unismuh Makassar untuk menyelenggarakan program tersebut di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah,” kata Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Prof Andi Sukri Syamsuri, kepada wartawan via Humas Unismuh, Kamis, 17 Oktober 2024.

Dengan terbitnya izin membuka Program Studi S1 Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan tersebut, kata Prof Andis–sapaan akrab Andi Sukri Syamsuri–Unismuh  Makassar akan semakin berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan kebidanan di wilayah timur Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan.

“Program studi baru ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang kompeten dan berakhlak mulia di tengah masyarakat,” kata Prof Andis.

Sesuai dengan amanat keputusan, Unismuh Makassar diwajibkan memenuhi standar nasional pendidikan tinggi dan melaporkan hasil penyelenggaraan program studi tersebut kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi setiap semester.

“Kami optimistis, dengan pembukaan program studi ini, Unismuh Makassar akan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan kesehatan nasional,” ujar Prof Andis.

Usulan ini telah bergulir sejak beberapa tahun sebelumnya. Unismuh Makassar menerima tim evaluasi lapangan untuk usulan pembukaan Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan, pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Evaluasi ini dilakukan oleh delegasi dari Direktorat Kelembagaan Ditjen Diktiristek Kemendikbud. Time evaluasi lapangan terdiri dari Sefryan Daru S., S.Kom, (Direktorat Kelembagaan), Abdul Rosid, S.Kom, (Direktorat Kelembagaan), Sinar Pertiwi, SST, MPH (Ikatan Bidan Indonesia), dan Irne Wida Desiyanti, S.ST., M.Kes. (Universitas Muhammadiyah Manado).


Dibuka Hingga 31 Oktober 2024

 

Kaprodi D3 Kebidanan FKIK Unismuh Makassar, Daswati SST MKes, secara terpisah mengatakan, Unismuh Makassar resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Kebidanan (S-1) dan Pendidikan Profesi Bidan. Pendaftaran untuk kedua prodi ini dibuka mulai 16 hingga 31 Oktober 2024.

Program S-1 Kebidanan menggunakan sistem seleksi berdasarkan nilai rapor, sedangkan Pendidikan Profesi Bidan menyeleksi peserta berdasarkan nilai ijazah S-1 Kebidanan.

Biaya pendaftaran ditetapkan sebesar Rp250.000, dengan biaya kuliah sebesar Rp5 juta per semester dan biaya pembangunan Rp7 juta untuk program sarjana. Sementara biaya kuliah program profesi kebidanan sebesar Rp6 juta per semester, dengan biaya pembangunan Rp8 juta.

Perkuliahan akan berlangsung di Kampus Unismuh Makassar Jalan Sultan Alauddin, dan di Gedung FKIK di belakang Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Makassar, Jalan Tun Abdul Razak, Gowa. (zak)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama